Bahaya Media Sosial


     Berbicara tentang media sosial rasanya semua orang sependapat bahwa media sosial merupakan sebuah karya paling berpengaruh dalam bidang teknologi. Bagaimana tidak ? dengan adanya sosial media semua orang didunia dapat saling terhubung tanpa terkecuali dan mereka dapat saling bertukar pesan secara instan. Dalam hal ini mungkin anggapan semua orang bahwa media sosial merupakan sebuah karya yang baik karena dapat memberikan banyak manfaat bagi banyak bidang. Tetapi pada kenyataannya, tidak semua orang yang menggunakan media sosial memiliki pemikiran yang sama dengan kita. Oknum-oknum tertentu ada yang memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk menyebarkan keburukan bagi orang lain.

    Dewasa ini, ada berapa banyak perusahaan yang mempertimbangkan perekrutan para pekerjanya dengan hanya membaca sebuah email tanpa bertatap muka ? Berapa banyak peningkatan transaksi jual-beli barang yang terjadi hanya dengan melihat gambar barangnya saja tanpa menyentuhnya ? Penjelasan diatas mungkin hanya sebuah pemikiran penulis saja, tetapi hal tersebut bisa anda lihat di kehidupan kita sekaran. Pada dasarnya apa yang kita tulis, apa yang kita masukkan ke dalam akun sosial media milik kita rasanya tidak ada sesuatu yang penting yang akan terjadi karena tidak semua orang akan tahu apa yang kita tulis. Dalam kondisi tersebut kita sebenarnya melupakan apa yang dimaksud dari sosial media sendiri, yakni menghubungkan semua orang di dunia. Mungkin anda tidak memiliki teman di luar negeri, tetapi percayalah apa yang tadi anda tulis sudah tersebar ke seluruh dunia. Meskipun mereka yang tidak ada dalam daftar lingkaran Anda (yaitu: Daftar teman di Facebook, pengikut di Twitter, dll.) mereka masih dapat mendengarkan percakapan Anda melalui posting dinding dan tweet umum, tanggapan terhadap tweet lainnya, dll.

     Dalam hal privasi Internet jelas tidak aman, terutama untuk anak-anakmu. Saran terbaik yang bisa anda ikuti adalah belajar menggunakan firewall di router Anda untuk memblokir situs web tertentu dari anak Anda atau bahkan untuk keuntungan Anda sendiri. Menurut saya, tidak seorangpun di bawah usia 18 tahun bahkan boleh berada di media sosial. Anak-anak seharusnya tidak berada pada media sosial pada usia tersebut, meraka seharusnya berada di lingkungan mereka sendiri agar mereka dapat memiliki jiwa sosial yang tinggi serta terhindar dari berbagai permasalahan internet.

    Yang banyak terjadi sekarang, apabila anak-anak telah masuk dalam dunia media sosial mereka sering mendapatkan suatu bentuk intimidasi dari teman sekolahnya berupa bullying dalam bentuk ancaman Facebook, menghina tweet dan terus-menerus menghina dan mengancam pesan teks. Ini menunjukan bahwa apabila anak anda telah terdaftar dalam media sosial maka bisa jadi anak anda menjadi korban dari tindakan tersebut. Apa yang anda takutkan dalam pergaulan anak anda besar kemungkinan akan terjadi setelah anak anda masuk kedalam dunia media sosial.

    Sejatinya anda tidak dapat melarang anak-anak anda mengenal dunia maya, itu merupakan hak mereka dan ini merupakan sebuah perkembangan zaman yang memang untuk mereka. Hal terbaik yang bisa anda lakukan sebagai orang tua adalah dengan melakukan pengawasan dan kontrol penuh terhadap internet di rumah anda. Anda dapat mengatur keamanan internet anda di rumah seperti memblokir situs-situs tertentu agar tidak terjadi penyalahgunaan internet di rumah anda. Kita memang tidak bisa menghindari perkembangan pesat zaman teknologi ini, tetapi kita dapat menjaga diri kita dan keluarga agar terhindar dari bahaya internet terutama sosial media. Yang terpenting, tetap waspada !

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bahaya Media Sosial"

Post a Comment