Strategi Amerika Menjadi Negera dengan Perekonomian Terbesar di Dunia


       Setelah membahas mengenai ekonomi China pada tulisan sebelumnya, kali ini penulis akan membahas mengenai ekspansi ekonomi yang dilakukan oleh negara pesaingnya yaitu Amerika Serikat. Pada tulisan ini penulis akan membahas pendekatan ekspansi Amerika Serikat dalam ekonomi dunia yang memiliki cara yang berbanding terbalik dengan China. Berdasarkan data Amerika Serikat berada pada peringkat pertama negara dengan perekonomian terbesar di dunia, disusul oleh China di peringkat kedua, Jepang di peringkat ketiga dan Jerman di peringkat keempat.
     Amerika Serikat menganut sistem perekonomian campuran dimana dengan sistem ini pemerintah Amerika memiliki kestabilan ekonomi yang baik dengan ditandai pertumbuhan PDB yang stabil, tingkat pengangguran yang rendah dan tingkat penanaman modal yang tinggi. Berdasarkan data tahun 2012, Amerika Serikat memiliki total PDB sebesar $15,8 Triliun yang juga setara dengan seperempat PDB dunia. Dengan angka PDB sebesar ini tak heran jika Amerika Serikat merupakan negara dengan ekonomi terbesar di dunia.

     Tingginya angka PDB nasional Amerika ditenggarai oleh bagusnya kegiatan perekonomian di negara tersebut. Jika pada umumnya negara maju memiliki SDM yang maju dengan SDA yang terbatas, hal tersebut tidak berlaku bagi negara yang terkenal dengan sebutan paman Sam ini. Amerika Serikat memiliki SDM yang maju dan juga SDA yang melimpah banyak, sehingga tak heran bahwa Amerika disebut sebagai negara dengan produktivitas yang tinggi. Faktor pendukung lainnya adalah negara ini memiliki sarana dan prasarana yang bagus sehingga produktivitas masyarakat menjadi tinggi.

     Meskipun dikenal dengan negara dengan ekonomi terbaik di dunia, nyatanya Ameriika pernah merasakan krisis ekonomi juga. Hal tersebut terjadi karena adanya krisis keuangan pada tahun 2007-2008 dimana dampaknya menyebabkan angka pengangguran dan kemiskinan meningkat. Selain menyebabkan kenaikan angka kemiskinan dan pengangguran, krisis ekonomi ini juga berdampak pada hutang luar negeri AS yang bertambah. Namun denganga beberapa perubahan yang dilakukan pada akhirnya Amerika Serikat berhasil keluar dari krisis tersebut dan kembali ke jalur semula.

     Namun, seperti yang sudah penulis jelaskan di bagian intro bahwa penulis menyebutkan strategi Amerika Serikat ini berbeda dengan China dalam hal ekspansi ekonomi. Jika China melakukan pendekatan dengan strategi diplomasi, percaya atau tidak Amerika justru melakukan strategi yang berbeda dari China dengan cara yang lebih keras. Amerika Serikat merupakan negara dengan kekuatan militer terbaik di dunia, hal tersebut meliputi teknologi dalam bidang militernya sehingga dikenal dengan senjata-senjatanya yang canggih. Ekspansi ekonomi dan industri militer dalam hal ini memiliki hubungan yang erat, dimana cara keras yang penulis katakan sebelumnya adalah Amerika Serikat menggunakan senjata canggih buatannya yang telah diuji coba dalam peperangan yang mereka ikuti sebagai komoditas ekonomi.

     Anda mungkin sudah tahu betapa mahalnya harga senjata militer di seluruh dunia, hal inilah yang membuat Amerika Serikat melakukan produksi besar-besaran pada senjata buatanya agar dapat dijual ke negara lain. Namun, senjata yang akan dijual tentunya harus diuji coba terlebih dahulu pada medan yang semestinya. Disinilah letak sisi keras Amerika dalam strategi ekspansi ekonominya, Amerika dalam dekade terakhir ini dikenal dengan negara yang sering terlibat dalam peperangan dengan negara lain. Peperangan yang mereka ikuti tentunya menjadi sebuah peluang emas bagi mereka untuk sekalian menguji coba senjata yang telah mereka buat. Dengan ujicoba di medan perang tersebut  yang disiarkan ke seluruh dunia, Amerika Serikat mempromosikan produk militernya.

Dari tulisan diatas, kita dapat melihat perbedaan dua negara dengan ekonomi paling besar di dunia dalam melakukan ekspansi ekonomi. Jika China melakukannya dengan cara yang lebih halus namun berbading terbalik dengan Amerika yang terbilang keras. Setiap orang tentunya memiliki pendapat masing-masing, mana yang menurut mereka lebih baik mana yang menurut mereka buruk. Dalam hal ini juga anda sejatinya dapat mengetahui perbedaan dari dua negara raksasa ekonomi dunia dalam kegiatan ekspansi ekonominya yang memiliki cara yang berbeda. Terlepas negara mana yang memiliki strategi yang efektif tentunya itu tergantung pendapat dan cara pandang anda. Semoga Bermanfaat ! 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Strategi Amerika Menjadi Negera dengan Perekonomian Terbesar di Dunia"

Post a Comment