Tips Hidup Sehat dengan Jadwal Sibuk

Hidup sehat adalah sesuatu yang setiap orang harus berusaha untuk mencapainya, mungkin memang tidak mudah pada awalnya, tapi pada akhirnya semuanya akan berjalan dengan baik. Sesibuk apapun anda, kehidupan yang sehat adalah sebuah kebutuhan bagi semua orang karena bukan hanya pikiran mengenai pekerjaan saja yang anda perhatikan tetapi tubuh anda butuh perhatian juga. Sebenarnya ada beberapa cara bagaimana Anda bisa menjalani gaya hidup sehat meski jadwal Anda sibuk, dan inilah beberapa saran dari para ahli gizi untuk mendapatkan hidup sehat dalam kehidupan yang sibuk : 


1.  Sediakan Snack Sehat di Dekat Anda

     Tidak ada yang salah dengan makanan praktis yang sering anda makan, baik itu makanan ringan seperti keripik ataupun kopi ketika anda sedang bekerja. Tetapi ada saatnya anda harus menyeimbangkan pola makan makanan tersebut dengan menggantinya dengan sesuatu yang sehat dan tentunya praktis untuk anda. Salah satu makanan praktis dan sehat adalah anda cukup menyiapkan beberapa buah-buahan yang sudah anda simpan dalam sebuah wadah dan tentunya ditempat yang mudah dijangkau oleh anda saat bekerja. Dengan membiasakan mengkonsumsi buah-buahan tersebut anda bisa mendapatkan snack yang lebih sehat yang dapat merubah gaya hidup sehat anda. Jika anda tidak terlalu suka dengan buah-buahan yang langsung dikonsumsi mungkin anda bisa menggantinya dengan buah-buahan yang diolah terlebih dahulu seperti salad buah, jus ataupun menggantinya dengan snack sehat lain yang banyak terdapat di supermarket.



2.    Minum yang cukup
     Air dibutuhkan oleh tubuh dan merupakan salah satu zat terpenting. Kesibukan yang anda jalani menandakan anda terlalu banyak mengerahkan energi sehingga anda berpotensi mengalami dehidrasi. Jika Anda tidak mengkonsumsi cukup air dari seharusnya, Anda akan mengalami kesulitan bekerja dan ini akan mempengaruhi kesehatan Anda serta dapat menyebabkan gangguan pada pekerjaan sibuk anda. Hal umum yang sering kita dengar adalah tubuh anda membutuhkan sekitar 1,5 liter air atau 8 gelas perhari guna menjaga sirkulasi air didalam tubuh tetap terjaga. Biasakan tempat anda bekerja harus memiliki sebuah sumber air minum yang mudah dijangkau agar kebutuhan air minum anda dapat terkontrol setiap harinya.

3.     Luangkan waktu untuk Berolahraga
     Mungkin pekerjaan dan olahraga bagi anda yang sibuk sangat tidak mungkin dilakukan. Jadwal anda yang sibuk serta waktu untuk berolahraga yang membutuhkan waktu yang banyak rasanya akan sangat sulit untuk digabungkan. Tetapi, olahraga tidak semuanya memiliki intensitas yang berat dan waktu yang lama. Banyak olahraga ringan yang memiliki manfaat yang besar terhadap kesehatan anda, salahsatunya adalah jogging dan bersepeda. Olahraga ini sebenarnya tidak perlu memakan waktu banyak bagi anda, bahkan olahraga ini dapat diselipkan kedalam jadwal harian anda yang sibuk. Salah satu cara yang dapat anda lakukan adalah anda dapat melakukan olahraga jogging pada akhir pekan disaat libur kerja. Anda dapat melakukannya dimana saja dan dengan siapa saja, saran terbaik adalah dengan melakukannya bersama keluarga anda sehingga anda dapat memiliki family time yang menyehatkan. Cara lain yang bisa anda lakukan adalah anda dapat bekerja sambil berolahraga, yaitu dengan menggunakan sepeda untuk transportasi anda dari rumah menuju tempat kerja. Dengan bersepeda, anda tentu dapat tetap datang ke tempat kerja dengan tepat waktu sekaligus anda berolahraga untuk kesehatan anda.


4.     Berikan Tubuh anda istirahat yang layak
     Terbukti secara ilmiah bahwa kurang tidur sebenarnya dapat menyebabkan penambahan berat badan dan membuat sistem kekebalah tubuh menurun. Bagi orang dewasa rata-rata membutuhkan setidaknya 7 jam perhari untuk tidur. Tidur membantu tubuh beregenerasi dan sangat tidak mungkin seseorang berfungsi dengan baik di hari berikutnya jika ia hampir tidak bisa tidur. Sehingga biasakan apabila anda bekerja sampai malam anda sebaiknya langsung menuju tempat tidur untuk memberikan tubuh anda istirahat yang layak.

     Tips diatas setidaknya dapat membantu anda tetap memiliki gaya hidup yang sehat meskipun anda memiliki jadwal yang sibuk. Menjadi sibuk bukanlah alasan untuk tidak tetap sehat, ada banyak cara yang bisa dan pasti tidak ada salahnya anda mencoba. Tetap sehat akan membuat anda terhindar dari sakit karena sakit akan mengacaukan jadwal sibuk Anda, tentu saja anda tidak menginginkannya bukan ?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Hidup Sehat dengan Jadwal Sibuk"

Post a Comment