Ramalan Para Ahli Teknologi yang Menjadi Kenyataan

1.    Sketsa Mesin Leonardo Da Vinci
    Leonardo Da Vinci, orang yang dijuluki sebagai seorang genius universal pada zamannya pernah menerbitkan sebuah jurnal yang telah ditulisnya selama hampir 70 tahun. Jurnal tersebut berisi mengenai penemuan beliau di bidang teknologi yang tertuang dalam sketsa-sketsa mesin. Setelah hampir 400 tahun berlalu, apa yang digambarkan oleh Da Vinci benar-benar menjadi kenyataan. Sebut saja adanya  tank baja yang dirancang oleh Andre Garnerin pada tahun 1797, serta Adrian Nicholas yang membuat sebuah balon udara dari jurnal Da Vinci tersebut.

   Meskipun realisasi tersebut tidak dilakukan oleh Da Vinci sendiri tetapi setidaknya apa yang dituliskan oleh Da Vinci dalam jurnalnya telah mempengaruhi para ilmuwan setelah dia untuk membuat apa yang dia rencanakan. Sehingga pada hari ini, kita bisa melihat hasil karya Da Vinci yang merupakan terobosan yang berpengaruh dalam bidang teknologi.


2.      Prediksi Adanyan Smartphone dan Wi-Fi oleh Nikola Tesla
     Dikutip dari surat kabar New York Times, Nikola Tesla pernah bercerita bahwa akan terjadi suatu masa dimana orang-orang dapat mengirimkan pesan ke seluruh dunia hanya dengan sebuah perangkat yang mereka operasikan tanpa menggunakan kabel. Seorang insinyur listrik kelahiran Kroasia ini menceritaan hal tersebut lebih dari 50 tahun sebelum ponsel pertama lahir. Pada saat ini, apa yang Tesla ramalkan benar-benar terjadi dimana hampir semua orang di dunia dapat saling berkirim pesan hanya dengan menggunakan sebuah perangkat elektronik dan jaringan internet.


3.      Asisten Pribadi Berupa Robot
    Seorang peneliti dari Massachusetts Institute of Technology ( MIT ) Dr. Kate Darling pernah bercerita mengenai penelitian yang sedang ia lakukan. Penelitian tersebut berupa gagasan sebuah teknologi Artifical Intellegence ( AI ) yang dapat digunakan sebagai sebuah perangkat yang dapat membantu kehidupan manusia. Nantinya pada tahun 2017 Dr. Kate menyatakan bahwa asisten pribadi ini akan memberikan banyak hal dalam kehidupan manusia.

     Di tahun 2017 ini nyatanya penelitian Dr. Kate membuahkan hasil, dimana banyak raksa teknologi dunia seperti Google telah mengembangkan sebuah produk yang dapat menjadi asisten pribadi bagi manusia. Teknologi tersebut telah kita nikmati dari berbagai produk seperti smartphone, smartwatch, smartTV dan sebagainya.


4.    Manusia Akan Bergantung Pada Internet
     Pada tahun 2005, Raymond ‘Ray’ Kurzweil meramalkan bahwa pada tahun 2045, manusia akan memiliki ketergantungan pada sebuah kecerdasan non-biologis. Kekuatan dan kecepatan komputasi yang meningkat pada akhirnya memungkinkan manusia untuk terus menerus menggunakan teknologi yang pada akhirnya akan membuat ketergatungan terhadap teknologi ini.


    Meskipun masih jauh dari tahun 2045 rasanya apa yang dikatakan Ray Kurzweil akan terjadi dalam beberapa tahun kedepan. Melihat pada kenyataannya sekarang manusia telah dimanjakan oleh para produsen teknologi dengan beberapa fitur yang dapat membuat pekerjaan manusia lebih efektif dan efisien hanya dengan bermodal jaringan internet.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ramalan Para Ahli Teknologi yang Menjadi Kenyataan"

Post a Comment